Pidato Grand Syaikh Al-Azhar Prof. Dr. Ahmad Al-Thayyib kepada Seluruh Rakyat Mesir Menanggapi Serangan Terorisme di Sinai pada Hari Jumat, 24-11-2017

– Al-Azhar, berkat karunia Allah dan keteguhan rakyat Mesir, terus maju dalam mengungkap dan membongkar pemikiran sesat.
– Mesir kita yang terjaga ini mampu mengalahkan antek-antek terorisme dan memberantas kelompok-kelompok yang bodoh.

***

Al-Azhar menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya kepada para syahid kita yang telah berpulang ke pangkuan Tuhan mereka pada hari ini, saat mereka melaksanakan shalat Jumat di Masjid Al-Raudhah di kota Arisy, setelah mereka dikejutkan oleh komplotan para pembunuh, kriminalis dan para penumpah darah, yang menghujani mereka dengan peluru dan bom-bom keji pengkhianatan. Kami senantiasa menegaskan kepada seluruh rakyat Mesir bahwa serangan pengkhianatan yang menargetkan jamaah yang sedang melaksanakan shalat itu, sebenarnya hendak menargetkan negara anda, nyawa anda dan tekad anda semuanya untuk hidup dalam keamanan dan stabilitas.

Kami juga menekankan bahwa tindakan-tindakan hina ini tidak mencerminkan nilai agama, akhlak dan kekuatan dari mereka yang melakukannya, namun justru menunjukkan penyimpangan terhadap agama, dekadensi, keputus-asaan dan kekalahan internal dalam jiwa para pelakunya.

Apa yang terjadi hari ini menegaskan apa yang telah kami katakan dan kami sampaikan sekali lagi pada hari ini bahwa terorisme hitam dan brutal ini utamanya menargetkan Mesir, masyarakatnya, masjid-masjid, gereja-gereja, tentara pemberani dan pasukan keamanannya yang heroik; namun Mesir yang terjaga dan tak pernah takluk ini, mampu —berkat pertolongan Allah— mengalahkan antek-antek terorisme dan memberantas kelompok-kelompok bodoh, para penyebar paham takfiriy dan “kelelawar kegelapan” (para perusak).

Terlepas dari penderitaan dan kesedihan besar kita ini, kita percaya kepada takdir Allah dan Firman-Nya:

﴿وَلا تَهِنُوا وَلا تَحْزَنُوا وَأَنْتُمُ الأَعْلَوْنَ إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَ﴾ (آل عمران [3]: 139).

“Dan janganlah kalian merasa lemah, dan janganlah (pula) bersedih hati, sebab kalianlah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kalian orang beriman.” (QS. Ali Imran [3]: 139).

Seruan kami kepada negara-negara Arab dan Islam serta kepada mereka yang serius dalam memerangi dan mengepung terorisme adalah dengan berdiri satu barisan bersama Mesir, bergandengan tangan dan tidak membiarkannya sendirian dalam menghadapi terorisme global yang keji ini.

Dan kepada orang-orang merdeka di seluruh dunia, di Timur dan Barat, harus cepat mengungkap siapa yang berada di balik terorisme ini, yang telah memberikannya bantuan uang dan senjata serta memberikannya tempat dan perlindungan.

Demikianlah. Al-Azhar, berkat karunia Allah dan keteguhan rakyat Mesir, akan terus maju dalam mengungkap, membongkar dan membantah pemikiran sesat ini, serta membentengi para pemuda agar tidak terjebak dalam jaringan dan cengkeramannya. Gerakan-gerakan pengkhianatan yang batil itu tidak akan dapat menghalangi Al-Azhar dalam melaksanakan misinya yang telah diemban lebih dari seribu tahun.

***