Membaca Surat Ucapan Natal Syaikhul Azhar Mesir untuk Sri Paus Fransiskus di Vatikan

Imam Besar Syaikhul Azhar, Prof Dr Ahmad Thayyib mengucapkan Selamat Natal untuk Sri Paus Fransiskus di Vatikan dan Saudara-saudara Umat Kristen yang merayakan Natal di dunia.

Koran terbesar di Mesir dan Timur Tengah, “Al-Ahram” (26/12/2017) menerbitkan cuplikan surat yang dikirimkan oleh Pemimpin Ahlus Sunnah Waljamaah terbesar di dunia, melalui Lembaga Al-Azhar di Mesir itu.

“Kita berharap di momen yang baik ini, semoga Allah senantiasa merestui langkah-langkah kebersamaan kita yang terus memperkuat filosofi hidup bersama di kalangan umat manusia, menghidupkan metode dialog, menghormati keyakinan yang lain, menyebarluaskan tradisi toleransi dan perdamaian, membersihkan agama-agama dari pemahaman-pemahaman yang salah yang sering dilekatkan padanya, dan mengutuk setiap kebohongan yang mengarahkan pada konflik, yang menyebarkan kebencian dan membangkitkan kekerasan pada yang lain.”

Syaikhul Azhar juga mendukung perjuangan Sri Paus Fransiskus yang menurutnya “membangunkan nurani kemanusiaan untuk membebaskan manusia dari penderitaan, dari orang-orang fakir-miskin, nestapa dan kaum lemah lainnya di dunia, dan semoga Allah senantiasa melimpahkan pada umat manusia seluruhnya aman tentram dan kedamaian serta melimpahkan pada Sri Paus Fransiskus sehat walafiat.” (sumber)

Persahabatan Syaikhul Azhar dan Sri Paus Fransiskus

Dua pimpinan agama Islam dan Katolik ini dikenal menjalin persahabatan yang akrab dan saling mengunjungi.

Pada tanggal 29 April 2017, Paus Fransiskus mengunjungi Syaikhul Azhar di Mesir dan berpidato yang menarik simpati dengan mengawali ucapan “Assalamualaikum”.

Pada tangal 8 November 2017, Syaikhul Azhar yang mengunjungi Sri Paus di Vatikan.

Tradisi dua tokoh agama ini menjadi panutan umat manusia untuk terus memperkuat dialog, saling memahami, kerjasama dan terus memperdulikan golongan manusia yang lemah, tersisih dan menderita.

Di tengah menguatnya agama dijadikan alat untuk menyebarkan kebencian, kekerasan dan terorisme, dari dua tokoh tadi, Syaikhul Azhar Mesir dan Sri Paus di Vatikan kita melihat bagaimana agama justeru menjadi kekuatan untuk saling memahami, bekerja sama dan menyebarkan kedamaian.

Kristen adalah agama yang memperhatikan cinta kasih, juga Islam yang bertuhan, Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.

Semoga Allah Swt senantiasa melimpahkan panjang umur, kesehatan dan kekuatan pada Syaikhul Azhar dan Sri Paus dalam menegakkan misi keagamaan yang menyebarkan kerukunan dan kedamaian, serta siapapun dan pihak-pihak yang bekerja untuk misi mulia ini.

Dan bagi pihak-pihak yang berkonspirasi sebaliknya, semoga Allah memberi mereka petunjuk dan hidayah untuk kembali ke jalur agama yang penuh damai dan cinta kasih.

Mohamad Guntur Romli

 

Membaca Surat Ucapan Natal Syaikhul Azhar Mesir untuk Sri Paus Fransiskus di Vatikan Imam Besar Syaikhul Azhar, Prof Dr Ahmad Thayyib mengucapkan Selamat Natal untuk Sri Paus Fransiskus di Vatikan dan Saudara-saudara Umat Kristen yang merayakan Natal di dunia. Koran terbesar di Mesir dan Timur Tengah, "Al-Ahram" (26/12) menerbitkan cuplikan surat yang dikirimkan oleh Pemimpin Ahlus Sunnah Waljamaah terbesar di dunia, melalui Lembaga Al-Azhar di Mesir itu. "Kita berharap di momen yang baik ini, semoga Allah senantiasa merestui langkah-langkah kebersamaan kita yang terus memperkuat filosofi hidup bersama di kalangan umat manusia, menghidupkan metode dialog, menghormati keyakinan yang lain, menyebarluaskan tradisi toleransi dan perdamaian, membersihkan agama-agama dari pemahaman-pemahaman yang salah yang sering dilekatkan padanya, dan mengutuk setiap kebohongan yang mengarahkan pada konflik, yang menyebarkan kebencian dan membangkitkan kekerasan pada yang lain." Syaikhul Azhar juga mendukung perjuangan Sri Paus Fransiskus yang menurutnya "membangunkan nurani kemanusiaan untuk membebaskan manusia dari penderitaan, dari orang-orang fakir-miskin, nestapa dan kaum lemah lainnya di dunia, dan semoga Allah senantiasa melimpahkan pada umat manusia seluruhnya aman tentram dan kedamaian serta melimpahkan pada Sri Paus Fransiskus sehat walafiat." Persahabatan Syaikhul Azhar dan Sri Paus Fransiskus Dua pimpinan agama Islam dan Katolik ini dikenal menjalin persahabatan yang akrab dan saling mengunjungi. Pada tanggal 29 April 2017, Paus Fransiskus mengunjungi Syaikhul Azhar di Mesir dan berpidato yang menarik simpati dengan mengawali ucapan "Assalamualaikum". Pada tangal 8 November 2017, Syaikhul Azhar yang mengunjungi Sri Paus di Vatikan. Tradisi dua tokoh agama ini menjadi panutan umat manusia untuk terus memperkuat dialog, saling memahami, kerjasama dan terus memperdulikan golongan manusia yang lemah, tersisih dan menderita. Mohamad Guntur Romli 🙏 Foto: Osservatore Romano/Handout via Reuters

A post shared by Mohamad Guntur Romli (@gunromli) on