Dua HOAX dan Fitnah terhadap KH Ma’ruf Amin

Setelah terbongkarnya kasus HOAX Ratna Sarumpaet tidak berarti hoax dan fitnah mati. Pekan lalu ada dua hox dan fitnah yang menyerang KH Ma’ruf Amin. Saya sangat berharap pengusutan hoax Ratna Sarumpaet bisa masuk ke pabrik hoax yang sebenarnya. Saya mengamati ada jaringan yang sama yang mem-pabrikasi hoax itu dan kemudian mengedarkannya.

Fitnah: KH Ma’ruf Amin Bersalaman dengan Wanita

Saya mulai dari fitnah terhadap KH Ma’ruf Amin. Dimulai dari sebuah akun di youtube dengan nama “Suara Santri”, pada 2 Oktober 2018 menerbitkan potongan video yang sudah diedit untuk memfitnah KH Ma’ruf Amin dengan membandingkan dengan Abdul Somad soal berjumpa dengan wanita.

Tampak dalam video itu Abdul Somad yang merupakan pendukung Prabowo menolak bersalaman dengan wartawan perempuan TVOne, sedangkan Kiai Ma’ruf Amin cipika-cipiki dengan seorang wanita. Akhirnya penggiringan opini pun terjadi, dan fitnah muncul. Kiai Ma’ruf salaman dan cipika-cipiki dengan wanita asing. Video ini kemudian menyebar di Facebook dan grup-grup WA.

Padahal wanita yang bersalaman dan cikipa-cipiki dengan Kiai Ma’ruf adalah istrinya sendiri, Ny. Hj. Wuri Estu Handayani.

Maka akun “suara santri” yang isi video yang lain lebih banyak soal penggiringan opini dan fitnah memang sengaja ingin memfitnah Kiai Ma’ruf Amin, dengan mengunggulkan Abdul Somad yang merupakan pendukung Prabowo.

Kasus kedua adalah HOAX: Kiai Ma’ruf Sakit

Sebuah akun Instagram dari pendukung Prabowo Sandi ghe_ai173 menyebar HOAX Kiai Ma’ruf sakit pada hari Ahad 14 Oktober 2018.

Untuk membangun narasi HOAXnya, akun itu menerbitkan foto Kiai Ma’ruf yang sedang di rumah sakit.

Padahal di saat yang sama, Kiai Ma’ruf sedang di Jogja, mengunjungi KH Attabik Ali yang sedang sakit (semoga Allah Swt memberi kesembuhan pada beliau) dan bertemu Emha Ainun Najib.

Foto Kiai Ma’ruf di rumah sakit merupakan foto lama tahun 2016 saat beliau check up.

Inilah fitnah keji dan hoax kejam yang dilayangkan kepada KH Ma’ruf Amin hanya karena beliau saat ini menjadi cawapres Joko Widodo meksipun beliau tidak pernah menyerang dan membuat hoax untuk orang lain.

HOAX: Khabib dengan Kaos 2019 Ganti Presiden

Dalam pekan yang bersamaan, ada pula hoax lain. Pendukung Prabowo dan Sandi di Twitter mengedit foto Khabib, petarung Rusia dengan kaos 2019 Ganti Presiden.

Menunggangi popularitas Khabib Nurmagomedov, #KoalisiHOAX bin #KoalisiKardus ini membuat dan menyebarkan HOAX.

HOAX nya kompak. Dari Badan Pemenangan Nasional nya sampai Pendukungnya.

Memalsukan foto Khabib, selain gak kreatif, gak tahu malu, juga jahat!

Kesimpulannya: hoax dan fitnah ini memiliki jaringan yang sama. Diduga kuat terkait jaringan pendukung Prabowo dan Sandi.

Oleh karena itu, saya berharap kasus hoax Ratna Sarumpaet ini bisa membongkar pabrik hoax itu sendiri.

Mohamad Guntur Romli

#LawanHOAX
#Jokow1Am1n #pilpres2019 #HMGunturRomli #PSINomor11