Toko roti TOUS les JOURS tengah menjadi sorotan lantaran beredar kabar yang heboh di media sosial terkait larangan menuliskan ucapan di kue yang dinilai bertentangan dengan syariat Islam.

Larangan tersebut tertulis dan tertempel di salah satu toko TOUS les JOURS di cabang Pacific Place yang kemudian diabadikan oleh seseorang yang pada akhirnya menjadi viral di medsos.

Dalam foto tersebut sang toko tidak boleh menulis ucapan atau sesuatu yang berkaitan dengan perayaan hari besar agama selain Islam.

Berikut pernyataannya: store tidak boleh menulis di atas cake ucapan atau sesuatu yang bertentangan dengan syariat Islam seperti ucapan Selamat hari besar agama (Natal, Imlek, dll), kedua perayaan yang tidak sesuai syariat Islam, seperti ucapan Valentine, haloween maupun lainnya.

Lalu statement berikutnya, store tidak diperbolehkan menulis di atas cake ucapan seperti, ucapan selamat untuk hari seperti pernikahan, promosi jabatan, dll.  Perkataan yang tidak bertentangan dengan syariat Islam, misal, I Love U, you’re the best.

Larangan itu pun membuat heboh masyarakat, tak sedikit dari mereka yang mempertanyakan kebijakan tersebut.

Apalagi pengumuman larangan membuat tulisan ucapan di kue dengan kalimat yang bertentangan dengan syariat Islam ternyata bukan cuma di toko kue Tous Les Jours cabang Pacific Place.

HRD Tous Les Jours, Diska, mengatakan pengumuman larangan itu juga terdapat di cabang lainnya, yakni di mal Kota Kasablanka.

Politisi Partai PSI Mohamad Guntur Romli pun turut berkomentar dengan adanya fakta ini dalam akun Twitternya, @GunRomli. Dia menyebutkan bahwa manajemen toko roti ini sudah terpapar Radikalisme, karena aturan tersebut ditemukan serentak di beberapa cabang.

“Kalau serentak begini pasti resmi dari manajemen; jangan ngeles & nyalahin karyawan kecil dong, udah terpapar radikalisme ini toko roti, gak berhak hidup di sini!” serunya dalam akun medsos yang dipantau Akurat.co, Sabtu malam (23/11/2019).

Netizen, devi masbro, @devilauw80 pun turut berkomentar, “Perusahaan waralaba asal korea selatan bikin aturan berbau sara dan intoleran. Kayanya sih ini cuma aturan dibuat hrd atau atasan yg emang terkena paham radikal. Harusnya @TouslesJours_Id harus pecat orang dibalik aturan brengsek tersebut! Gak tau diri.”

Kemudian, susanirfan, @susanirfan1, mengatakan, “Toko Roti yang enak dan gak rasis masih banyak kok.. insyaallah kami hindari produk rasis kyk @TouslesJours_Id.” []